Monday 1 August 2016

Sempurna, Aceh Gelar International Rapa'i Festival

Aceh sepertinya begitu sadar diri dengan kekayaan budaya yang dimiliki. Aceh terus berbenah agar banyak wisatawan yang berkunjung kesana. Berbagai acara menarik terus dilakukan agar nama Aceh semakin terdengar keberbagai penjuru dunia.

Aceh tidak mau membuang peluang bisa mendatangkan wisatawan ke provinsi yang pernah terkena Tsunami tersebut. Kepala Dinas Parawisata Provinsi Aceh Reza Pahlevi mengatakan pada bulan agustus ini Aceh akan menggelar International Rapa'i Festival. Acara tersebut akan dikemas dalam konsep islami yang memang menjadi kelebihan Aceh di dalam upaya menerapkan wisata halal atau yang biasa disebut dengan 'halal destination'. 

Sempurna, Aceh Gelar International Rapa'i Festival
Rapa'i biasanya dimainkan dengan penuh semangat (ugm.ac.id)

Dinas Parawisata Aceh telah berkomunikasi dengan berbagai seniman yang ada di Indonesia untuk bisa terlibat di dalam festival tersebut. Sebagai informasi, Rapa'i merupakan alat musik tradisional Aceh yang hampir menyerupai gendang. Rapa'i biasa digunakan oleh musisi  dan grup nari Aceh yang terkenal sangat bersemangat di dalam aksi panggung mereka.

Sampai dengan saat ini International Rapa'i Festival tersebut sudah tercatat beberapa nama negara besar seperti yang akan ikut bagian di dalamnya. Itu semua membuktikan bahwa budaya Aceh semakin ramai saja pelaku dan penyukanya. 

Menurut Kepala Dinas Parawisata Provinsi Aceh geliat parawisata di Aceh sangat tinggi. Hampir 10 ribu wisatawan mancanegara setiap tahunnya menginjakkan kaki di tanoh Serambi Mekkah. Semoga angka-angka besar itu terus bisa bertahan untuk kemajuan Aceh dan memperkenalkan beragam budaya yang selalu mengundang rasa bangga. Baca Juga : Keindahan Alam Kampung si Gadis Mata Biru Keturunan Portugis di Lamno Jaya


EmoticonEmoticon