Friday 24 June 2016

Nama-nama Unik Orang Aceh

Nama merupakan sebuah identitas yang tidak bisa terlepas dari seseorang kemanapun ia pergi. Tanpa sebuah nama, seseorang akan kesulitan di dalam berinteraksi di dalam kehidupannya sehari-hari. sebuah nama  memiliki 1000 makna. Tetapi ada beberapa nama unik yang hanya dimiliki oleh orang Aceh dengan maknanya yang hanya di pahami oleh orang Aceh juga.

penasaran nama seperti apa saja yang saya maksud? mari langsung kita simak ulasan di bawah ini yang membocorkan beberapa nama unik yang hanya dimiliki oleh Aceh

Salah satu sudut kota Banda Aceh yang terkenal dengan berbagai keunikannya(doc.pribadi)

1. Fonna
Mendengar nama Fonna memang jauh dari kesan Acehnya, kuping kita seakan-akan lagi mendengar nama orang luar negeri. Tetapi anggapan seperti itu sebaiknya anda buang jauh-jauh. nama Fonna merupakan nama orang Aceh yang memilik arti anak pertama. Kata Fonna sendiri berasal dari bahasa Aceh yang memiliki tulisan asli Phonna (pertama ada / anak sulung).

2. Barona
Nama kedua yang dimiliki oleh orang Aceh juga tidak kalah kerennya dengan nama Fonna yang di atas tadi. Penamaan barona  memiliki arti yang hampir sama dengan arti Fonna. jika Fonna memiliki arti pertama ada/ anak sulung, Barona menyimpan arti baru ada. penamaan barona biasa sering dipakai pada anak-anak dari pasangan yang sudah lama nikah tetapi baru dikaruniai anak.

3. Lamkaruna
Yang terakhir nama orang Aceh yang terbilang unik adalah Lamkaruna. nama ini sangat identik dengan sejarah peperangan antara TNI dan GAM yang telah banyak memakan korban jiwa.
Anak-anak yang lahir sebelum tahun 2005 ( 2005 TNI dan gam sudah damai ) banyak yang diberi nama Lamkaruna. Lamkaruna memiliki arti terlahir disaat negeri sedang berisik/huru hara perang (berisik suara senapan hasil peperangan antara TNI dan Gerakan Aceh Merdeka alias GAM).

mungkin hanya ini yang dapat saya  tulis pada malam ini. Semoga bermanfaat dan jika berkenan boleh mengambil salah satu nama di atas untuk putra putri anda kelak :)


EmoticonEmoticon