Friday 15 July 2016

Seorang Jenderal Tewas Tertembak Di Depan Masjid Raya

Sabtu dini hari 8 April 1873, puluhan kapal perang Belanda menuju Aceh. Belanda telah mengambil keputusan untuk menghancurkan Aceh dengan 30.000 pasukan elitnya.

Kedatangan Belanda ke Aceh ternyata tidak disambut hangat oleh orang Aceh. Belanda mendapatkan perlawanan sengit dari orang Aceh. Dengan semangat jihad yang luar biasa, orang Aceh sama sekali tidak gentar meski harus melawan senjata canggih dengan senjata sederhana.

Masjid Raya Baiturrahman Banda Aceh (fotoblur.com)

Wajah para pejuang Aceh di dalam sejarah disebutkan benar-benar membuat kita berlinang air mata ketika membacanya. Senyuman indah selalu menghiasi wajah orang Aceh meski maut menghadang di tangan penjajah bernama Belanda.

Peperangan pecah, banyak prajurit Belanda yang harus kehilangan nyawanya di tangan tak bersahabat orang Aceh yang sangat membenci penjajah menginjakkan kakinya di tanah mereka. 

Meski diterpa kepayahan di dalam berjuang, tetapi rakyat Aceh sama sekali tidak sudi harus ditahan oleh para pasukan Belanda. Dengan senjata dan tenaga seadanya orang Aceh benar-benar menolak jika harus tunduk kepada para penjajah.

Tidak sampai tiga pekan setelah mendarat di tanah Aceh. serdatu Belanda kembali ke kapal setelah mendapatkan perlawanan sengit orang Aceh yang rela mati demi agama dan harga dirinya.

Dan yang paling membuat Belanda terpukul di dalam peperangan kali ini adalah tewasnya panglima Belanda bernama Jenderal Johan Harmen Rudolf Kohler  pada tanggal 14 april 1873 karena tertembak senjata pejuang Aceh.

Jenderal Kohler (www.eocommunity.com)
Jenderal tewas di depan Masjid Raya Baiturrahman ketika memimpin pasukannya untuk menyerang Masjid. Kohler langsung ambruk bersimbah darah di halaman Masjid Raya Baiturrahman Banda Aceh. (Baca buku : Gerilya Salib Di Serambi Mekkah, Karya Rizki Ridyasmara)

Bagi anda yang penasaran dengan posisi tewasnya Jenderal Kohler, anda bisa langsung melihatnya tepat di dalam perkarangan Masjid Raya Baiturrahman Banda Aceh. Disana terdapat sebuah monumen yang menceritakan lengkap tentang kejadian tewasnya Jenderal Kohler di tangan para pejuang Aceh yang terkenal gagah perkasa.
Baca Juga (Masjid Raya Baiturrahman Dibakar Hingga Rata)


EmoticonEmoticon