Wednesday 6 July 2016

Bukan Ganja, Ini Yang Harus Kamu Bawa Dari Aceh

Jalan-jalan tidak lengkap jika tidak membawa apa-apa buat keluarga dan teman karib di kampung halaman. Itu memang sudah menjadi sebuah kebiasaan orang Indonesia untuk selalu membawa oleh-oleh dari tempat ia kunjungi.

Aceh sebagai salah satu tujuan wisata sadar betul dengan peluang yang menjanjikan itu. Sehingga buat yang mau atau akan ke Aceh tidak usah ragu untuk membawa pulang apa dari Aceh yang memang patut diceritakan kepada orang lain.

Sebagai bocoran apa-apa saja yang harus kamu bawa dari Aceh, berikut sajian khas intipaceh.com :

1. Rencong

Siapa yang tidak kenal dengan Rencong. Rencong merupakan senjata tradisional Aceh yang berhasil mengalahkan kekuatan alat perang canggih milik para penjajah yang telah merampas harta dan harga diri kita orang Indonesia.

Ternyata keindahan  bentuk Rencong telah membuat orang jatuh cinta olehnya. Buat teman-teman yang ke Aceh membeli rencong sekarang semakin mudah, karena rencong sudah banyak dijual di toko-toko souvenir yang begitu banyak tumbuh dimana-mana. 

Dan berita bagusnya, Rencong yang dijual tidak hanya dalam bentuk yang sesungguhnya. Rencong juga dibuat dalam bentuk gantungan kunci, bros, dan hiasan dinding yang dibingkai dengan bingkai kaca lengkap dengan tulisan di dalamnya.

rencong
Rencong senjata kecil yang mampu mengusir penjajah (kebudayaanindonesia.net)


2. Kaos Aceh

Jakarta, Bandung,  dan Jogja?. Ternyata Aceh juga punya kaos khasnya yang siap membuat orang tertarik dengan gambar dan tulisan indah di bagian dada atau bagian belakangnya.

Kaos Aceh sekarang tidak hanya mengandalkan tulisan "Nanggroe Aceh Darussalam" tetapi kaos Aceh sudah  menyimpan pesan dan memberikan info yang menarik untuk setiap yang melihatnya. 

kaos aceh
Tulisan di dalam kaos Aceh mampu menyampaikan pesan dan kritik (geulanceng.blogspot.com)


3. Kopi Aceh

Negeri 1001 kopi itulah sebutan orang-orang untuk Aceh. Aceh begitu terkenal dengan banyaknya warung kopi. Tidak perlu berjalan puluhan kilo antara satu warung kopi dengan warung kopi lainnya, cukup pejamkan mata dan mulai melangkah pelan maka anda sudah sampai di warung kopi yang berbeda dari tempat semula. Begitulah kira-kira banyaknya warung kopi di Aceh.

Sadar akan nikmatnya kopi Aceh yang mampu 'membelai' setiap lidah segala suku dan bangsa. Bubuk kopi Aceh sekarang sudah banyak dijual di toko-toko souvenir khas Aceh dengan kemasan yang indah dan terlihat begitu mewah.


kopi
Ngopi itu lebih indah dengan kopi Aceh (kopiaceh.com)

4. Kopiah Aceh 

"kopiah loe bagus, beli dimana?" bapak berlogat betawi itu bertanya dengan matanya menatap kepalaku yang tertutup dengan kopiah khas Aceh. 

Begitulah sepenggal cerita yang dialami teman saya ketika singgah di salah satu Masjid di Jakarta. Ternyata Kopiah Aceh banyak sekali peminatnya. Kopiah dengan kerumitan luar biasa dalam pembuatannya itu juga telah menyentuh pasar luar negeri.
Kemunculan kopiah Aceh di dalam film layar lebar dan berbagai sinetron di layar kaca semakin menjadi bukti kuat kalau kopiah khas Aceh memang luar biasa.

Di Aceh sendiri kopiah Aceh begitu mudah ditemui. Pasar Aceh yang persis di samping Masjid Raya Baiturrahman merupakan salah satu tempat yang bisa digunakan untuk berburu kopiah yang identik dengan warna hitam itu.

kopiah aceh
Kopiah Aceh mewah di dalam kesederhaan (bukalapak.com)

Itulah beberapa hal yang harus kamu bawa dari Aceh. Semoga informasi ini berguna untuk perjalanan menuju Ke Serambi Mekkah yang menyimpan banyak keindahan alam dan budaya.




2 komentar


EmoticonEmoticon