Monday 4 July 2016

Fakta Hukuman Cambuk Di Aceh Yang Belum Banyak Yang Tau

Syariat Islam dan Aceh merupakan satu topik yang selalu beriringan di Indonesia. Hal ini terjadi tidak lepas dari penerapan hukuman cambuk bagi pelanggar aturan Syariat Islam yang sudah diterapkan oleh pemerintah Aceh.

Di balik hukuman cambuk ternyata ada beberapa fakta menarik yang belum diketahui oleh banyak orang. Apa saja faktanya? simak sajian intipaceh.com berikut ini :

news.okezone.com
Pelaksaan hukuman cambuk (news.okezone.com)

1. Pengumuman di Masjid/Meunasah (Musholla)

Biasanya beberapa hari atau sehari menjelang pelaksaan hukuman cambuk, tokoh agama atau pihak pemerintah akan memberikan pengumuman di Masjid mengenai akan adanya eksekusi hukuman cambuk di suatu tempat dan waktu yang telah ditentukan.

2. Disaksikan oleh banyak orang

Karena telah diumumkan di Masjid/Meunasah dengan pengeras suara, tempat pelaksanaan eksekusi cambuk ramai didatangi oleh orang untuk melihatnya secara langsung. Tidak jarang saking ramai yang datang jalanan di sekitar lokasi cambuk menjadi macet total.

hukuman cambuk
Hukuman cambuk disaksikan oleh banyak orang (tribunnews.com


3. Diliput Media

Selain disaksikan oleh banyak orang. Hukuman cambuk juga banyak didatangi wartawan untuk mengabadikannya di dalam berbagai media tempat mereka berkerja. 

4. Nama pelaku disebut dengan lengkap

Ketika hendak dilakukan hukuman cambuk. Pelaku akan dipanggil ke atas panggung yang sudah disediakan. Ketika dipanggil bukan hanya nama pelaku saja yang disebutkan, tetapi nama orang tua pelaku juga turut disertakan dan diiringi dengan penyebutan kasus yang dia lakukan.
Contohnya : Mawar bin Pentolan, hukuman cambuk lima kali dengan kasus minum khamar.

5. Disediakan tim medis

Tim medis disediakan untuk menangani pelaku yang dihukum cambuk yang tidak jarang jatuh pingsan disaat menjalani hukuman.

6. Banyak yang berkoar-koar

Pelaksaan hukuman cambuk di Aceh selalu mendapatkan sorotan dari berbagai belahan dunia. Hukuman cambuk sering sekali disebut melanggar HAM oleh orang-orang yang sebetulnya tidak mengetahui banyak tentang aturan Islam dan juga provinsi Aceh yang memang kental dengan nuansa agamanya.

Itulah beberapa fakta tentang hukuman cambuk di Aceh. Semoga kita semua terhindar dari perbuatan jahat yang dapat mencemarkan nama baik kita dan juga orang tua.

2 komentar

Why? Pertanyaan ibu ternyata tidak tergambar disana


EmoticonEmoticon