Sunday 26 June 2016

Rahasia sukses orang Pidie

Jika kita ke Aceh tentu kita akan mendengar sebuah kabupaten yang bernama Pidie. Jarak antara kabupaten Pidie dengan kota Banda Aceh sekitar 153 km. Secara umum tidak ada perbedaan yang berarti masyarakat pidie dengan masyarakat kabupaten lainnya yang terdapat di provinsi yang sering disebut dengan Serambi Mekkah atau tanah rencong.
Namun jika diteliti secara lebih mendalam, ada sebuah keunikan dari kebanyakan masyarakat Pidie yang tidak dimiliki oleh masyarakat Aceh lainnya. Keunikan itu adalah kemampuan masyarakat Pidie yang ahli di dalam dunia dagangnya.
ternyata ada beberapa tips yang dicontohkan masyarakat Pidie untuk bisa sukses di dalam dunia dagangnya. Intip-Aceh akan menyajikan beberapa tips sukses orang Pidie yang membuat mereka menjelma menjadi orang kaya. Penasaran?


1. Merantau
Orang Pidie kebanyakan memiliki nyali yang besar untuk meninggalkan kampung halaman serta keluarganya untuk merantau kebeberapa kota besar yang ada di Indonesia. Bagi orang Pidie merantau sudah menjadi sesuatu yang biasa.. Bahkan ada kampung di Pidie yang sepi dari pemuda karena sudah memilih hijrah mengadu nasib di berbagai sudut negeri.
Intip-Aceh pernah bertanya langsung kepada seorang pemuda Pidie tentang kebiasaan mereka untuk hijrah meninggalkan kampung halaman. ternyata alasannya sangat sederhana, tinggal di kampung tidak membuat pikiran mereka terbuka untuk terus berkerja hingga dikenal dunia.




Kerasnya kehidupan kota bukan alasan untuk tidak meninggalkan kampung halaman

2. Belajar dari orang lain
Kunci penting lainnya yang dipegang oleh orang Pidie untuk menjemput suksesnya adalah tidak gengsi meski harus bekerja pada orang lain terlebih dahulu.
"saya bekerja di toko pecah belah ini tidak mengaharapkan gajinya berapa, yang terpenting saya memperoleh pengalamannya" begitu pengakuanYusuf seorang warga Pidie disaat ditanya perihal keputusannya bekerja paruh waktu di tengah-tengah kesibukan kuliah di sebuah perguruan tinggi negeri di Darussalam Banda Aceh.

3. Tidak menunggu modal yang besar
Bagi kebanyakan kita mungkin disaat hendak melakukan segala sesuatu akan menunggu modal yang besar terlebih dahulu. Tidak demikian dengan orang Pidie di dalam membangun usaha dagangnya. Banyak diantara mereka memulai usaha dari angka nol, tidak jarang orang pidie harus berjibaku di dalam terik panas matahari berjualan karena tidak ada lapak khusus yang mereka punya.

4.Hemat
Hemat pangkal kaya, orang Pidie benar-benar mengamalkan kata-kata tersebut. Hal itu orang Pidie lakukan karena untuk menambah modal usahanya. 
Orang Pidie bukan krit (pelit) seperti orang-orang gambarkan, orang Pidie hanya jeli mengatur pengeluarannya untuk kelanjutan usahanya. 

5. Kuatnya tali persaudaraan
Orang Pidie terkenal begitu kompak di dalam membangun tali persaudaraannya. saling membantu sama lain merupakan salah satu sifatnya mulianya.
Orang Pidie benar-benar mengamalkan perintah Allah di dalam surah An-Nisa ayat 1 "dan (peliharalah) hubungan kekeluargaan, Sesungguhnya Allah selalu menjaga dan mengawasimu".

Demikian sajian singkat dari Intip-Aceh. Semoga bermanfaat buat semua yang punya keinginan kuat untuk menjadi pengusaha sukses yang namanya tak lagi dipandang sebelah mata.

2 komentar

https://www.google.com/url?q=http://aceh.tribunnews.com/2015/07/21/lebaran-internasional-di-gampong-aree&sa=U&ved=0ahUKEwiCwPfz4srNAhUBuI8KHUGIBWAQFggLMAA&usg=AFQjCNEMsECJ5R8Jh3TbRKbWyg88RTKMeA

Kren bu.. Tulisan kmren ibu di SI, sngat sdrhna. Ibu mnggunakan usia yang lbih muda dri usia ibu yang sesungguhnya di dalam mnlis


EmoticonEmoticon