Saturday 2 July 2016

Benahi Ini Agar Tempat Wisata Tidak Sepi

Di Indonesia terdapat ribuan destinasi wisata yang begitu indah yang menggugah selera setiap orang untuk melihatnya secara langsung. 

Kelebihan Indonesia yang memiliki tempat wisata alami merupakan kelebihan yang patut di syukuri. Tempat wisata bertebaran dimana-mana seperti Indonesia jarang sekali dimiliki oleh  negeri lain yang bahkan untuk perluasan wilayahnya saja harus mengangkut material dari daerah kita.

Salah satu bentuk cara mensyukuri nikmat Allah yang telah menghadiahkan kita begitu banyak tempat wisata adalah dengan menjaga setiap tempat wisata itu sendiri dengan sebaik-baiknya. 

Ada beberapa hal yang harus diperhatikan di dalam menjaga tempat wisata tetap sehat dan tentunya tidak akan membuat sepi pengunjung yang bisa mendatangkan keuntungan buat daerah dan masyarakat sekitarnya. 

Hal pertama sekali yang harus diperhatikan adalah ketersediaan fasilitas toilet yang bersih. Tersedianya toilet bersih memang  terdengar sangat sederhana tetapi itulah yang menjadi sorotan utama pengunjung tempat wisata yang datang dari berbagai penjuru dunia.

Saya pernah mendengar dari seorang tim sertifikasi pemandu wisata dari Jakarta, beliau mengatakan orang diluar negeri suka Indonesia tetapi tidak dengan toiletnya.

Sangat disayangkan jika benar demikian penilaian orang luar negeri yang pernah bertandang ke Indonesia. Jika dia membicarakan kekurangan Indonesia tersebut kepada rekan-rekannya yang hendak ke Indonesia, sungguh kerugian telah menghampiri kita yang tidak mau menjaga hal sederhana begitu saja. 

Sudah seharusnya kita berbenah dari toilet yang berbayar tetapi bau pesing dan kotor di dalamya membuat nama baik Indonesia menjadi tercemar dibuatnya.

benahi ini agar tempat wisata tidak sepi
Menikmati senja di Aceh Jaya (Aisya Photo)
Kemudian yang kedua yang perlu perhatian khusus adalah tempat sampah. tempat wisata yang baik tentu harus menyediakan tempat sampah di berbagai sudutnya. Miris sekali jika ada tempat wisata yang tidak memiliki tempat sampah yang kemudian diperparah dengan tidak ada nya kesadaran untuk selalu membuang sampah pada tempatnya.

Tempat wisata seindah apapun dia, jika sampah berserakan dimana-mana lama kelamaan akan kehilangan peminat. Akhirnya yang rugi kita juga sebagai tuan rumahnya.

Sebagai penutup. Dua ayat Al-Qur'an berikut ini mudah-mudahan menjadi nasehat buat kita semua untuk menjaga keindahan alam yang begitu luas yang belum tentu ada di sudut dunia lainnya.

" Sesungguhnya jika kamu bersyukur, niscaya aku akan menambah (nikmat) kepadamu, tetapi jika kamu mengingkari (nikmat -Ku), maka pasti azab-Ku sangat pedih". (QS. Ibrahim ayat 7)

"Telah tampak kerusakan di darat dan di laut disebabkan karena perbuatan tangan manusia. Allah menghendaki agar mereka merasakan sebagian dari akibat perbuatan mereka, agar mereka kembali ke jalan yang benar)". (QS. Ar-Rum ayat 41).

 



EmoticonEmoticon