Saturday 30 July 2016

Perbedaan Aceh Dengan Provinsi Lain Yang Ada Di Indonesia

Indonesia merupakan negara dengan begitu banyak pulau dan provinsi di dalamnya. Setiap provinsi memiliki ciri khas tersendiri dan beragam budaya yang selalu memanjakan mata. Tidak cukup waktu sebulan untuk menimkati segala pesona yang ditawarkan oleh tanah air kita tercinta bernama Indonesia.

Dan Aceh sebagai salah satu provinsi yang ada di Indonesia yang letaknya persis di ujung pulau Sumatera ternyata memiliki berbagai perbedaan dengan  provinsi lain yang ada di Indonesia. Apa saja perbedaannya? mari kita cek disini :

Perbedaan Aceh Dengan Provinsi Lain Yang Ada Di Indonesia
Salah satu ruangan yang terdapat di dalam gedung Museum Tsunami Aceh (nationalgeographic.co.id)

1. Aceh Memiliki Bendera 

Bendera? Aceh kan masih bagian dari negara Indonesia, kenapa ada bendera segala? ia memang benar Aceh masih bagian dari NKRI kok. Tetapi Aceh memiliki bendera sendiri yang sudah diatur di dalam Qanun, ya meskipun bendera Aceh belum benar-benar berkibar karena permintaan pemerintah pusat agar pemerintah Aceh mau mengubah sedikit bendera agar tidak menyerupai bendera yang digunakan oleh Gerakan Aceh Merdeka disaat Aceh masih bergejolak. Semoga kedua pihak segera menemukan kata sepakat ya, agar masyarakat Aceh bisa mengibarkan bendera kebanggaannya dan tentunya juga dibarengi dengan hidup sejahtera.

Perbedaan Aceh Dengan Provinsi Lain Yang Ada Di Indonesia
Bendera Aceh (acehterkini.com)

2. Wali Nanggroe 

Menurut wikipedia, Lembaga Wali Nanggroe adalah sebuah lembaga yang mengatur kepemimmpinan adat di Aceh. Lembaga ini bertindak untuk mempersatu masyarakat Aceh. Selain itu lembaga ini juga berfungsi sebagai pembina kehormatan, adat, tradisi dan sejarah.

Perbedaan Aceh Dengan Provinsi Lain Yang Ada Di Indonesia
Istana  Wali Nanggroe Aceh (antaranews.com)

Adapun syarat untuk menjadi seorang Wali Nanggroe adalah sebagai berikut : Orang Aceh yang beriman dan bertakwa kepada Allah, sehat jasmani dan rohani, dapat berbahasa Aceh dengan fasih, berasal dari garis keturunan yang baik, berakhlak mulia dan tidak zalim, arif dan berwawasan luas, adil dan mencintai rakyat serta dicintai oleh rakyat juga.

3. Syari'at Islam

Yang satu ini mungkin yang paling tenar diantara beragam perbedaan lain yang ada di Aceh. Aceh yang memiliki sejarah kuat tentang penyebaran Islam di nusantara memang sangat kental dengan nuansa islaminya. Beragam kebijakan telah diterapkan untuk mewujudkan Aceh yang benar-benar memiliki aturan yang sesuai dengan perintah Allah dan Rasul-Nya. Baca : Di Aceh Pacaran Dilarang, Padahal Pacaran Banyak Sisi Positifnya 

Perbedaan Aceh Dengan Provinsi Lain Yang Ada Di Indonesia
Aceh begitu ramah untuk siapa saja (bisnisaceh.com)

Orang Aceh dengan suka cita menyambut penerapan Syari'at Islam di tanah kelahiran mereka. Tak ada protes yang keluar dari mulut mereka layaknya protes yang sering dilakukan oleh orang-orang yang menamakan dirinya sebagai aktivis peduli hak asasi manusia.

4. Tidak Punya Bioskop 

Tidak ada pemaksaan di dalam memasukkan poin tidak punya bioskop di dalam tulisan perbedaan Aceh dengan provinsi lain yang ada di Indonesia. Aceh tidak memiliki bioskop memang sebuah fakta yang tidak dapat terhindarkan lagi.

Perbedaan Aceh Dengan Provinsi Lain Yang Ada Di Indonesia
Jangan cari bioskop di Aceh (uceng999.com)

Disaat pemimpin rakyat kota Banda Aceh terlibat langsung di dalam sebuah film layar lebar yang menyedot ribuan pasang bola mata, masyarakat Aceh hanya bisa menikmatinya dengan cara membaca berita  di koran yang selalu terbit bersama terbitnya sang matahari untuk menyapa anak manusia. Dan tak jarang masyarakat Aceh demi menghilangkan rasa penasaran terhadap beragam film yang beredar harus rela menguras isi dompetnya lebih tebal lagi hanya untuk menonton bioskop ke provinsi tetangga.Wacana untuk menghadirkan bioskop di Aceh memunculkan beragam reaksi pro dan kontra layaknya banyaknya kehadiran warung kopi disana Baca : Warung Kopi si Anak Emas Yang Selalu Disalahkan 

Itulah beberapa perbedaan Aceh dengan provinsi lain yang ada di Indonesia. Semoga menjadi sumber informasi terbaik buat mengunjungi Serambi Mekkah yang terkenal begitu hangat menyambut siapa saja. Baca Juga : Aceh Bukan Cuma Ada Ganja Saja


EmoticonEmoticon